Rapat Koordinasi Kementerian/Lembaga dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pengawasan Rutin Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Tahun 2023

Rapat Koordinasi Kementerian/Lembaga dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pengawasan Rutin Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Tahun 2023

Imam Soejoedi, selaku Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM yang menjadi pimpinan rapat Koordinasi Kementerian/Lembaga dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pengawasan Rutin Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Tahun 2023 yang berlokasi di Hotel Shang Ri-La, Jakarta (27/01/2023), menyampaikan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk memperoleh kesepakatan terkait Penjadwalan Uji Petik Pengawasan Rutin Melalui Subsistem Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Tahun 2023 secara terkoordinir melalu OSS RBA.

Subsistem pengawasan dalam OSS RBA merupakan amanat UU Cipta Kerja dimana perizinan usaha telah dipermudah namun pengawasan harus diperkuat. Melalui subsistem pengawasan dapat memberikan basis data dan menjadi data sharing antar K/L yang dapat menjadi catatan dalam profile pelaku usaha di sistem OSS RBA. Telah disusun data shortlist pengawasan pada tahun 2023. Kemeninvest/BKPM meminta konfirmasi mengenai pelaku usaha dan penjadwalan pengawasan yang akan dilakukan pada TA 2023.

Kemeninvest/BKPM akan memfasilitasi anggaran untuk melaksanakan inspeksi lapangan untuk sampling sebanyak 20 kali pengawasan bersama untuk 18 K/L, dengan melibatkan Kemenko Perekonomian dan Setkab dalam pelaksanaannya. Pengawasan pertama akan dimulai sejak 14 Februari 2023.